Yuk Intip!! Manfaat kaktus Untuk Kesehatan dan Tanaman Hias

YUK INTIP!! MANFAAT KAKTUS UNTUK KESEHATAN DAN TANAMAN HIAS



Kaktus merupakan salah satu tumbuhan yang unik karena bentuknya berupa batang berduri dan dikenal sangat tahan terhadap cuaca panas dan kering seperti di gurun. Dimana ‘duri’ tersebut sebenarnya adalah daun kaktus yang berubah bentuk sebagai penyesuaian diri untuk menghemat air.

Dengan bentuk daunnya yang kecil seperti duri tentu sangat meminimalisir penguapan air sehingga cadangan air bisa dihemat. Inilah yang menyebabkan kaktus dapat hidup dalam waktu lama dengan sedikit atau tanpa air disamping akarnya yang juga sangat panjang sehingga dapat menyerap air secara maksimal. 

Manfaat kaktus untuk kesehatan


Kaktus juga bisa dikonsumsi atau diolah menjadi obat-obatan alami untuk menjaga kesehatan, mengatasi penyakit. Berikut beberapa manfaat kaktus untuk kesehatan : 

Mengatasi Alergi


Batang kaktus juga dapat digunakan untuk mengatasi gejala-gejala alergi seperti ruam dan rasa gatal. Hal ini didukung oleh kandungan senyawa flavonoid yang dimilikinya.

Menurunkan Kolesterol


Manfaat kaktus juga berdampak positif pada keseimbangan kadar kolesterol dalam darah dimana ia akan menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga anda terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Keseimbangan kada kolesterol juga bisa didapatkan dengan konsumsi bahan alami lainnya seperti manfaat buah naga..

Mengatasi Gigitan Serangga 


Gigitan serangga biasanya akan menimbulkan rasa gatal, ruam, dan sebagian memiliki racun. Untuk mengatasi hal ini anda dapat mengaplikasikan batang kaktus yang telah ditumbuk halus pada bagian tubuh yang terkena gigitan. Kandungan senyawa tyramine dan hordenine yang dimilikinya dapat menjadi penawar racun sekaligus mengurangi rasa gatal dan ruam. 

Anti Tumor


Kaktus yang mengandung antioksidan sangat baik dikonsumsi karena dapat memelihara sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas sehingga anda terhindar dari tumor yang dapat menyerang berbagai bagian tubuh yang juga berpotensi berkembang menjadi sel-sel kanker.

Manfaat Kaktus Sebagai Tanaman Hias


Selain untuk kesehatan, kaktus juga bisa sebagai tanaman hias. Tidak hanya mempercantik dekorasi ruangan kaktus yang ditanam dan ditaruh di dalam ruangan juga memiliki beberapa manfaat penting lainnya diantaranya:

Meningkatkan kadar oksigen


Seperti yang telah disebutkan di atas kaktus berbeda dengan tanaman lain dimana pada malam hari ia akan menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen sehingga sangat baik untuk membersihkan udara dalam ruangan. Kadar karbondioksida dapat diminimalisir sementara kadar oksigen yang diperlukan oleh tubuh akan meningkat. 

Mengatasi Radiasi 


Handphone, komputer, televisi, dan berbagai perangkat elektronik lainnya memang sangat bermanfaaat dan menjadi kebutuhan bahkan hingga ke kamar tidur. Namun sayangnya berbagai peralatan ini memiliki pengaruh radiasi dan gelombang elektromagnetik yang jika terpapar terlalu lama tidak baik bagi kesehatan.

Untuk menetralisirnya anda bisa meletakkan tanaman kaktus di dalam ruangan dimana ia dapat menetralisir gelombang elektromagneik dan menyerap radiasi yang ditimbulkan oleh berbagai perangkat elektronik tersebutl.

Bebas Polusi di dalam ruangan


Kehadiran kaktus di dalam ruangan dapat membuat udara ruangan lebih bersih karena tumbuhan ini dapat menangkap bakteri dan polusi di sekitarnya. Duri kaktus yang merupakan bagian daunnya dapat menangkap debu di sekitar ruangan. Selain itu kaktus juga dapat menangkap partikel halus lainnya serta membunuh bakteri sehingga udara ruangan menjadi lebih bersih.

Demikian info manfaat kaktus untuk kesehatan dan sebagai tanaman hias semoga bermanfaat bagi pembaca. Trimakasih


Buat kamu yang ingin pesan bunga namun bingung pesan bunga dimana. Yuk mampir ke Florist jakarta

Comments

  1. numpang promote ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Post a Comment